Gong 2000 : Prahara Sebuah Totalitas

Minggu, 10 Juni 20121komentar

Prahara adalah Album ke tiga sekaligus Album terakhir dari trilogi Gong 2000 yang dirilis tahun 1998 di bawah label Blackboard Record. 

Masih dengan format yang sama seperti album sebelumnya Ian Antono pada Guitar, Achmad Albar Lead Vocal, Donny Fattah Bass, Harry Anggoman Keyboard dan Yaya Moektio pada Drum.

Secara konsep musikalitas mungkin ini album yang paling berbeda di banding dua album sebelumnya, yakni pada Album Bara Timur dan Album Laskar.


Di sini kita tidak lagi menemukan warna pentatonik yang biasa di usung sebagai ciri khas dari musik Gong 2000. sebenarnya masih dapat kita temukan pada komposisi Lidah Petaka, Prahara dan komposisi Dongeng dari Negeri Seberang, tapi terasa hanya sebagai balutan tipis saja bila kita sejajarkan dengan dua album pendahulunya terasa lebih kental warna Pentatonik Balinya.

Secara keseluruhan dari tiap komposisi yang di tampilkan dalam album Prahara ini terasa lebih ringan, meski tetap menggusung warna musik rock sebagai khas mereka. Malah kalau saya boleh berpendapat Album ini warna Ian Antono-nya lebih kental hehe.. wajar sich Gong 2000 adalah sebuah explorasi bermusik dari Ian Antono setelah ia hengkang dari God Bless pada saat itu.

Tapi jangan salah, meski lebih ringan secara penggarapan musiknya lebih totalitas bila dibanding dua album sebelumnya. Disini Ian Antono dan kawan-kawan banyak menghadirkan berbagai ornamen beat-beat yang berbeda hingga secara keseluruhan album ini lebih kaya warna musikalitasnya. Boleh di bilang lebih matanglah. It's The Last Album From Gong 2000


Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Anonim
10:35 AM

Link telah terpasang.

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MUSIKMUZIEKU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger