Tentang Swami

Minggu, 13 Mei 20120 komentar

Swami merupakan group band yang berdiri pada tahun 1989 yang beranggotakan  Iwan Fals, Sawung Jabo, Naniel, Nanoe, Inisisri, Jockie Suryoprayogo, Toto Tewel(Elpamas), dan album mereka di sponsori oleh pengusaha Setiawan Djody, setelah sebelumnya sempat berkolaborasi dengan Iwan Fals pada album Mata Dewa, bersama Ian Antono.

Sebagian besar anggota kelompok ini sebenarnya adalah anggota kelompok musik Sirkus Barock yang berdiri di kota Yogyakarta pada tahun 70-an yang dimotori oleh Sawung Jablo, mereka adalah Naniel, Nanoe, Inisisri dan Toto Tewel.

Pada album perdana ini cover album di hiasi dengan gambar Iwan Fals yang digunakan sebagai daya tarik dan penjualan album ini sangat luar biasa. menghasilkan single hit yang fenomenal di masyarakat pada waktu itu yaitu Bento dan Bongkar.

Dan pada tahun 1991 dirilis album kedua dari Swami, yaitu Swami II  dengan formasi yang sama dengan format album Swami yang pertama. di sini pada cover album Swami II tidak lagi di hiasi gambar Iwan Fals, tapi di isi dengan gambar yang di ambil dari lukisan milik Setiawan Djody.

kehadiran album kedua dari Swami tidak sefenomenal seperti pada album pertama, meski dengan materi yang  tetap bertemakan kritik sosial. Pada album Swami II ini lagu Hio dan Kuda Lumping digunakan sebagai hit single.

Diambil dari berbagai sumber dan wikipedia


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MUSIKMUZIEKU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger